4.13.2012

Langkah memulai bisnis rumahan

Langkah memulai bisnis rumahan: Banyak orang ingin memulai bisnis rumahan mereka sendiri, namun bingung harus dari mana memulainya. Berikut ada 7 langkah memulai bisnis rumahan yang bisa kita gunakan sebagai acuan.
1. Libatkan keluarga dalam memulai bisnis rumahan
Dalam bisnis rumahan ini rumah adalah sebagai basis bisnis kita, maka melibatkan keluarga semenjak awal adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Berikan pemahaman kepada semua anggota keluarga tentang rencana bisnis, produk, layanan dan seberapa banyak ruang yang akan digunakan.
2. Pastikan segala administrasi telah siap sebelum memulai usaha
Setiap usaha pasti memiliki syarat-syarat supaya bisnis bisa berjalan lancar sesuai rencana. Bila bisnis rumahan yang kira akan mulai membutuhkan persyaratan-persyaratan administratif pastikan semua telah mendapatkan izin dari berbagai pihak yang berkepentingan.
3. Tekan biaya seminimal mungkin
Gunakan sumber daya yang ada dirumah semaksimal mungkin,
4. Tahu secara mendalam mengenai produk atau jasa yang akan dijual
Pengetahuan yang mendalam tentang produk atau layanan yang akan kita jual akan meminimalisir terjadinya komplain dari pelanggan
5. Perlakukan konsumen dengan standar yang baik
Bersikap ramah kepada setiap calon konsumen adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan
6. Harga jual yang masuk akal sesuai dengan target konsumen
Penentuan harga jual terkadang menjadi hal yang sulit bagi pemula yang baru memulai menjalankan bisnis rumahan. Namun satu hal yang penting adalah bahwa harga jual harus lebih tinggi dari biaya produksi/pengadaan.
7. Selalu siap dengan perubahan
Tidak ada yang abadi didunia ini kecuali perubahan, pastikan selalu mengupdate informasi yang berkaitan dengan produk atau layanan kita supaya tidak ketinggalan (dari berbagai sumber)